Situs Selagai Lingga dan Penghargaan Dari Belanda

0

Lampung Tengah – Cerita sekilas tentang Situs Selagai Lingga yang saat ini keberadaannya masih terlihat asri dan beberapa penghargaan yang diterima tokoh Selagai Lingga di jaman koloneal belanda pada tahun 1928 silam.

Menurut Kuncung Kencana, salah seorang keturunan dari Almarhum Ratu Selagai, di Keecamatan Selagai Lingga ada beberapa Situs sejarah dan situs-situs itu berada di Kampung Tanjung Ratu, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Diantaranya, menurut dia, keeberadaan situs Batu Topeng yang paling tua dan situs Batu Gong, kedua situs itu berada di Kampung Tanjung Ratu.a

Disampaikannya, selain situ batu tua itu ada juga medali dari Belanda. Yang menurutnya diberikan kepada leluhurnya (Ratu Selagai) atas prestadinya dalam menyebarkan ilmu agama islam dan penghargaan sebagai penyimbang adat.

“Mendali beserta sertifikat tersebut masih tersimpan rapi di rumah, kalau tidak salah ini diberikan belanda pada tahun 1928,” kata Kuncung Kencana.

Lanjutnya, konon katanya hanya ada dua tokoh yang menerima penghargaan tersebut yang pertama yaitu Ratu Selagai dan yang kedua adalah KH. Muhammad Nur.

“Kalau Ratu Selagai menerima penghargaan sebagai penyimbang adat,” ujarnya.

Selain situs-situs bersejarah tersebut di Selagai Lingga juga ada benda-benda tua dan keramat yang saat ini masih tersimpan di tempat-tempat yang bisa dijangkau oleh anak keturunan masyarakat asli Marga Selagai atau Selagai Lingga. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here