Pemain U-19 Masuk Timnas Senior, Ini Kata Irfan Bachdim Tentang Gaya Latih Shin Tae-yong

0
149

Kepala pelatih timnas, Shin Tae-yong, membuat kejutan dengan memanggil empat pemain U-19 dalam pemusatan latihan (TC) timnas senior di Jakarta, pada 14-23 Februari 2020. Keempat nama itu adalah Adi Satrio (kiper), Alfeandra Dewangga (bek), Pratama Arhan Alif (tengah), dan Irfan Jauhari (striker).

Namun sebenarnya, pelatih yang menjadi juru taktik Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menyadari bahwa kualitas mereka belum seperti nama-nama senior lainnya. Lantas mengapa mereka dipanggil?

Shin memiliki jawabannya. Persiapan menuju Piala Dunia U-2021 menjadi maksud dan tujuan pelatih berusia 50 tahun itu.

“Jujur, kemampuan U-19 ini tidak sehebat timnas senior,” kata Shin usai memimpin latihan.

Sebelumnya, Adi, Dewa, Arhan, dan Irfan sudah terpantau oleh Shin dalam TC timnas U-19 di Chiang Mai, Thailand. Tim tersebut memang dibentuk sebagai cikal bakal timnas U-20 di Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Di Chiang Mai kemampuannya kelihatan dan untuk mempersiapkan Piala Dunia. Ini supaya bisa meningkat permainannya,” tutur Shin.

Begitu juga dengan Irfan Bachdim. Irfan Bachdim mengatakan fokus manajer pelatih Shin Tae-yong adalah pemain muda. Ia juga menyebut Tae-yong merupakan tipikal pelatih pekerja keras.

Saat ini Irfan Bachdim masuk dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia, 14-23 Februari 2020, di Stadion Madya, Jakarta. Ketegasan Tae-yong jadi hal yang cukup dinikmati oleh Bachdim.

“Pelatih ini sangat jujur, kalau ada masalah dia langsung bicara dan visinya bagus,” ujar Shin Tae-yong, Sabtu (15/2/2020).

“Tidak ada yang terlalu keras. Kalau mau lebih baik ya harus bekerja keras, jadi tidak ada yang terlalu keras,” tutur pemain yang membela PSS Sleman itu.

Tak hanya itu, Irfan menilai Tae-yong pelatih yang peduli dengan pemain muda. Hal itu tak lain dan tak bukan untuk masa depan sepak bola Indonesia.

“Dia fokus pada pemain muda dan tentu bagus untuk masa depan pemain muda Indonesia,” tambah Bachdim.

“Untuk masa depan Indonesia, harus mulai dari akademi dulu, kalau di masa depan mau menang, jadi harus mulai dari pemain muda,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here