Pemain Garuda Select Semakin Matang di Eropa

1
137

Menjelang laga vs Huddersfield Town U-18, Selasa (18/2), pukul 20.00 WIB, asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes, mengingatkan pemainnya untuk lebih berani lagi dalam berduel dengan lawan.

“Kami (tim pelatih) selalu menekankan kepada pemain agar jangan lembek saat menghadapi tim-tim yang secara nama maupun postur lebih besar. Kami terkadang memberi waktu dan ruang gerak yang cukup leluasa untuk mereka,” ucap Holmes kepada Mola TV. 

“Bahkan di beberapa kesempatan, para pemain cenderung menghindari kontak fisik. Mindsetitulah yang kami ubah,” ujarnya melanjutkan.

Menurut Holmes, kunci untuk melawan pemain yang lebih besar yaitu dengan tidak takut kepada lawan.

“Berani menyundul di udara, beradu tekel, hingga melakukan kontak fisik lainnya adalah cara ampuh untuk membangun kepercayaan diri. Jika terbiasa bersikap berani, para pemain akan lebih percaya diri di lapangan dan peluang memenangi duel akan meningkat,” tuturnya.

Secara khusus, Holmes pun memberikan pesan kepada tiga gelandangnya, yaitu Rafli Asrul, David Maulana, dan Brylian Aldama. 

“Poros lini tengah wajib memberanikan diri untuk meladeni pergerakan lawan. Sektor tengah adalah sektor terbaik lawan sejauh ini. Jadi, kami tak boleh terpana dengan lawan, melainkan harus kerja lebih keras guna memenangi duel di lini tersebut,” katanya lagi.

Sepak bola sebagai olahraga membutuhkan fisik prima untuk mendukung perebutan bola serta berlari selama 90 menit. Secara postur pemain Garuda Select juga kalah dibandingkan pemain akademi tim-tim Inggris. Maka pelatih fisik Garuda Select Jake Fitzsimmons diberikan tanggung jawab untuk membenahi sisi ini.

Para pemain Garuda Select dijadwalkan latihan gym selama tiga kali dalam seminggu. Pola makan tim asuhan Dennis Wise dan Des Walker juga dijaga betul.

“Bisa dibilang 90 persen pemain saat ini sudah memiliki bentuk tubuh ideal, yang tentu bagus untuk permainan,” ucap Jake Fitzsimmons dikutip dari Mola TV.

Ini penting mengingat lawan dari Garuda Select punya karakter permainan tim-tim Inggris yang mengutamakan fisik.

“Beberapa pemain masih harus melakukan sejumlah latihan untuk memenuhi target. Hal ini lumrah dalam sebuah tim sepak bola,” lanjut Jake Fitzsimmons.

Laga uji coba selanjutnya Garuda Select akan menghadapi Huddersfield U18, Selasa (18/2). Dalam laga sebelumnya melawan Sheffield United U18, Rafli Asrul cs mendapat apresiasi dari Direktur Teknik Dennis Wise karena tampil sesuai dengan harapannya dan mampu mengimbangi fisik yang sangat jauh berbeda dengan tim Garuda Select.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here