360 Siswa Siap Ikut LKS, FL2SN dan O2SN

0

Lampung Utara – Sebanyak 360 siswa di Lampung Utara siap untuk mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), dan Olimpiade Olahraga Sains Nasional (O2SN) untuk ikut ke tingkat Provinsi Lampung.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara, Syaiful Nawas mengatakan, selah melalui berbagai proses seleksi ada 360 siswa yang ikut pada LKS, FL2SN dan O2SN, pernyataan itu dikatakannya di lokasi perlombaan yang berlangsung SMK Negeri 1 Abung Selatan, Rabu (12/2/2020).

“Selain lomba LKS, FL2SN dan O2SN juga ada penilaian guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) SMK berprestasi se Lampung Utara,” kata Syaiful Nawas.

Berharap dengan penjaringan ditingkat kabupaten ini bisa menghasilkan siswa yang mampu bersaing ke tingkat provinsi hingga membawa Lampung ketingkat nasional.

Dengan penyelenggaraan ini berharap bisa mendorong prestasi siswa bidang disemua bidang baik akademik ataupun non akademik.

Seperti olahraga dan kesenian, lalu kepada para tenaga pendidik bisa memberi motivasi agar memberikan pelayanan maksimal kepada muridnya.

“Targetnya dalam kejuaraan ini berharap semua sivitas akademika bisa membangun kultur yang berbudaya akademik hingga membawa Lampura ini unggul,” katanya

Adapun cabang lomba yang menjadi unggulan di Lampung Utara, lanjutnya, diantaranya cabang olahraga (Cabor) karate. Hal itu dikarenakan sumber daya manusia (SDM) bidang karate itu banyak dan menjadi unggulan serta termasuk sering mendapatkan juara. Ada cabor lain, tapi untuk cabor unggulan yanh sering mendapatkan juara adalah cabor karate.

Dia berharap dengan adanya penjaringan ditingkat kabupaten itu bisa menghasilkan siswa yang mampu bersaing ke tingkat provinsi hingga membawa Lampung ketingkat Nasional.

Koordinator kegiatan lomba-lomba tersebut, Zainal Abidin yang juga Kepala SMK Negeri 1 Kotabumi kembali menegaskan untuk jumlah total peserta ada 360 peserta yanh meliputi beberapa tangkai lomba, LKS itu 5 cabang lomba, FL2SN ada 5 tangkai lomba dan O2SN 5 tangkai lomba.

“Lomba ini terdiri dari 27 sekolah SMK yang ada di Lampung Utara dan mereka tidak ikut semua di cabang lomba. Kalau anak kami SMKN 1 Kotabumi saya ikutkan semua cabang lomba ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, cabang olahraga unggulan dari Kabupaten Lampung Utara yakni karate, pencak silat dan renang. Kemudiian untuk dewan juri yang dilibatkan pada penilaian berbagai lomba tersebut dari dewan kesenian, KONI, dan juga Disdikbud setempat.

“Untuk berbagai tangkai lomba dalam kegiatan ini ditempatkan dibeberapa titik, diantaranya di SMKN 1 Abung Selatan ini untuk lomba tari kreasi dan solo song,” ungkapnya.

Pada acara itu Kepala Disdikbud Provinsi Lampung, Sulpakar yang mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, agar para peserta dapay mengukit berbaai cabor dengan menjunjung tinggi sportifitas saat bertanding. Dia juga berharap agar penilaian yang dilakukan oleh dewan juri bisa seobyektif mungkin dan jangan sampai ada yang dicurangi.

“Saya berharap dengan adanya perlombaan ini dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas bisa menjunjung tinggi nilai sportifnya,” kata Sulpakar.

Harapan itu, lanjutnya, karena hasil dari daerah akan dibawa ke provinsi dan akan dilombakan kembali ditingkat provinsi dan bagi yang lulus akan kembali dipertandingkan ke tingkat nasional. Pada kesempatan itu pula, Kadisdik Provinsi Lampung itu mendorong seluruh sekolah untuk berupaya dalam peningkatan mutu. Karena menurutnya, siswa yang sekolah di SMK itu memang berbeda yang proyeksinya setelah lulus bagaimana bisa diterima di lapangan pekerjaan. 

“Untuk peningkatan mutu yang cepat dengan didorong atas ketersediaan anggaran yang juga mencukupi,” ujarnya. 

Penulis : Budi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here