0
6

Lampung Utara (M9G) – Gabungan masyarakat dari lima desa hari ini kembali melanjutkan kegiatan gotong royong memperbaiki Jalan Gendot, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung yang rusak.

Sekitar 150 orang masyarakat dari 5 desa ya itu dari Desa Tanjung Beringin, Karang Waringin, Suka Sari, Suka Mulya dan Desa Gunung Katon, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara, Lampung ini terus mengobarkan semangat bergotong royong untuk memperbaiki akses transportasi (jalan) yang telah mengalami kerusakan parah tersebut.

Pekerjaan yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat ini, karena jalan tersebut sudah rusak berat dan sudah beberapa kali membuat warga yang melintas di jalan itu terjatuh terlebih lagi ketika musim hujan.

Meski jalan tersebut sudah masuk dalam rencana pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara pada tahun anggaran 2021 ini. Namun semangat bersama masyarakat lima desa itu terus berkobar dan memperbaiki sebatas yang mereka mampu. Hal itu karena diketahui sumber biaya untuk perbaikannya dari swadaya masyarakat setempat baik yang tinggal di daerah itu maupun yang di perantauan.

Meski masih dalam masa pandemi covid-19 warga masih sangat antusias untuk bersama-sama bergotong royong guna memperbaiki jalan tersebut, dari pantauan media ini tidak hanya kaum laki-laki, namun para ibu-ibu juga terlihat sibuk membantu mengurusi untuk konsumsi para pekerja.

“Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir, sehingga perbaikan jalan ini dapat selesai sesuai keinginan bersama,” ujar ibu Yayah.

“Gotong royong yang sedang berlangsung hari ini ada sekiran 150 orang dan Alhamdulillah kami para ibu PKK dan para guru dari setiap desa bersama-sama membantu menyiapkan konsumsi buat bapak-bapak yang bekerja, karena ini adalah pekerjaan sukarela,” lanjut ibu Yayah.

Menurutnya PKK se-wilayah gendot ini, guru serta ustad akan bergilaran menyiapkan makan siang setiap harinya selama pelaksanaan swadaya itu masih berlanjut.

“Kami yang tergabung dalam PKK, terima kasih, PKK Desa Gunung Katon yang diketuai oleh ibu Ida Royani, Tanjung beringin ibu Pulana, ibu Karang Waringin Dea, Suka Mulya ibu Sawati, dan saya Yayah selaku Ketua PKK Desa Suka Sari, kami semua berharap, semoga perbaikan jalan ini segera selesai. Karena kondisi jalan inindianggap darurat makanya masyarakat setuju untuk diperbaiki beraama dan mudah-mudahan dapat selesai, dan semoga dapat bermanfaat untuk semua dan tidak ada lagi laporan warga terjatuh karena jalan yang licin dan rusak,” paparnya.

Dia juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah turut andil dalam membantu pekerjaan pembangunan jalan yang dilaksanakan untuk kebaikan dan kemajuan daerah tersebut.

Menurutnya dalam proses pembangunan di segala bidang peran serta masyarakat sangat berpengaruh terlebih untuk kemajuan. Jika masyarakatnya aktif dan dapat bekerjasama dengan pemerintah dengan baik maka desa itu dapat menjadi desa yang maju dalam hal pembangunan maupun pemberdayaan.

Kgiatan gotong royong yang dilakukan masyarakat lima desa itu juga tertuang di dalam Al-Maidah,

“dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (Al-Maidah/5:2).

Penulis : RL/1/M9G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here